Pengenalan Film (part 1)

Pengenalan Film (part 1)

oleh Rahabi Mandra

a. Film, sinema, movie, moving pictures
Kata “film” sudah ada sejak sekitar tahun 1600-an—bahasa Inggris lama—yaitu filmen, artinya lapisan, atau kulit, atau membran. Baru pada tahun 1845 mencuat teknologi fotografi, dan makna film menjadi lapisan gel kimia yang dipakai pada plat fotografi. Tahun 1895, pita seluloid untuk merekam gambar disebut film (lapisan berikut kertasnya). Baru pada tahun 1920, para penggiat perekam gambar merasa bahwa gambar bergerak yang mereka buat bukan lagi sekadar rekaman, melainkan suatu bentuk karya, suatu ciptaan seni. Maka makna film bergeser, cukup jauh, dari sekadar lapisan, menjadi suatu bentuk seni.

Sebuah film, pada dasarnya adalah serangkaian gambar diam yang jika ditampilkan bergantian secara berkesinambungan, menciptakan ilusi gerak. Ilusi optik ini disebut juga fenomena phi. Penyebabnya adalah kinerja mata dan otak manusia yang disebut persistence of vision, menyimpan persepsi imaji yang dilihat sebelumnya dan membawanya ke imaji berikut. Contoh mudah menjelaskan ini adalah dengan menggunakan mainan thaumatrope. Satu sisi adalah sangkar kosong, sisi lain adalah seekor burung. Bila mainan itu diputar dan kedua imaji tersebut dipertontonkan pada mata secara bergantian secara berkesinambungan secara cepat, maka akan tercipta ilusi bahwa burung ada di dalam sangkar.

Ini adalah dasar dari film atau gambar bergerak. Dari dasar ini maka secara etimologi muncul istilah moving pictures (gambar bergerak), yang lalu dipendekkan menjadi movie sebagai istilah tidak baku. Istilah sinema berasal dari bahasa Perancis cinéma, yang merupakan kependekan dari cinématographe, istilah yang dilontarkan penciptanya, Lumiere bersaudara.Asal kata ini berasal dari bahasa Yunani κίνημα (kinima), yang berarti gerakan, dari kata kerja κινώ (kino), yang berarti gerak.

Istilah-istilah ini perlahan mengalami pergeseran makna. Sinema sering dimaknai sebagai industri film atau sebagai seni pembuatan film. Makna sinema yang beredar sekarang cenderung ke arah pembuatan film sebagai karya, sebuah bentuk seni untuk menyimulasikan pengalaman-pengalaman dan mengomunikasikan ide, cerita, persepsi, perasaan, keindahan, atau atmosfer dengan menggunakan rangkaian gambar bergerak yang sudah terekam atau terprogram, termasuk di dalamnya rangsangan-rangsangan sensori lainnya.

Di luar negeri, makna movie, moving pictures, atau motion pictures, sebenarnya tidak lebih dari tontonan yang mengarah ke hiburan. Sementara istilah film atau sinema sering dimaknai lebih dari sekadar tontonan; lebih mengarah ke seni dan karya. Film-film “serius” untuk festival jarang memberi label movie pada karya mereka. Mereka lebih memilih istilah film.

Dalam bahasa Indonesia kita hanya menggunakan istilah film saja (atau pelem) untuk mendefinisikan gambar bergerak, baik itu tontonan yang menghibur, atau karya seni. Hanya sedikit kalangan pendidikan dan penggiat film yang memilih menggunakan kata sinema.

b. Kekuatan film sekarang ini
Proses pembuatan film berpijak pada ranah seni dan ranah industri. Sebuah film dibuat dengan merekam gambar dari kejadian aktual menggunakan kamera gambar bergerak; dengan merekam gambar-gambar, coretan, model-model miniatur, menggunakan teknik animasi tradisional; menggunakan teknik CGI (computer-generated imagery) dan animasi komputer; atau dengan mengombinasikan sebagian atau semua teknik ini serta penggunaan efek visual lainnya.

Film adalah artefak budaya yang dibuat oleh budaya tertentu. Film merefleksikan budaya tersebut, sekaligus mempengaruhinya. Film “Ada Apa Dengan Cinta” merupakan refleksi dari cara hidup anak SMA pada suatu masa, tentang seorang siswi supel dan kisah cintanya dengan siswa pendiam yang suka menyendiri. Siswa ini suka baca buku “Aku” karya Chairil Anwar, dan setelah film ditayangkan, berbondong-bondonglah para penonton mencari buku itu dan membacanya. Film menjadi cerminan cara hidup suatu masyarakat, sekaligus mempengaruhinya.

Dengan memahami hal ini, maka film bisa dianggap sebagai bentuk seni yang penting, sumber hiburan yang populer, dan medium yang sangat kuat untuk mendidik — atau mendoktrin — masyarakat. Basis visual dan audio dalam film memberinya kekuatan komunikasi secara universal, karena pada dasarnya semua manusia berkomunikasi dengan melihat dan mendengar. Beberapa film telah menjadi populer di seluruh dunia dengan menggunakan terjemahan suara atau teks, menjadi bahasa pemirsa yang dituju.

c. Tahapan kerja dalam film
Pembuatan film memiliki lima tahapan besar:
Development (Pengembangan) — tahap pertama ketika ide-ide untuk film dibuat, hak cipta terhadap novel atau pertunjukan dibeli, serta ketika skenario dibuat. Pencarian dana dilakukan pada tahap ini dan diselesaikan.
Pra-produksi — persiapan untuk syuting dilakukan di tahap ini. Kru dan pemain ditentukan, lokasi syuting dipilih dan dikunci, semua set dibangun.
Produksi — semua elemen-elemen mentah (gambar, suara, efek visual) dari film direkam selama proses syuting.
Pasca-produksi — Gambar, suara, efek visual, dan semua elemen yang sudah direkam diedit dan dimatangkan di tahap ini.
Distribusi — Hasil akhir film didistribusikan dan ditayangkan di bioskop, festival, atau tempat-tempat penayangan lainnya.

Development
Pada tahap ini, produser dari proyek film memilih cerita, bisa datang dari buku, pertunjukan teater, dari film lain, dari kisah nyata, video game, komik, novel grafik, ide original, dan lain-lain. Setelah menentukan tema atau mengembangkan pesan yang ingin disampaikan, produser bekerja dengan penulis skenario untuk menyiapkan sinopsis. Selanjutnya, mereka membuat outline atau kerangka untuk menjabarkan cerita menjadi adegan-adegan dan fokus pada pembentukan struktur dramatik. Salah satu cara lain (yang biasa dilakukan di animasi) untuk mengembangkan sinopsis menjadi skenario adalah melalui pembuatan treatment, biasanya 25-30 halaman berisi deskripsi cerita, mood, dan karakter. Biasanya hanya sedikit sekali dialog dan pengarahan adegan, dan berisi gambar-gambar untuk mempermudah visualisasi adegan-adegan penting.

Selanjutnya, seorang penulis skenario menulis skenario selama beberapa bulan. Penulis skenario bisa melakukan rewrite beberapa kali untuk mengembangkan dramatisasi, kejelasan tulisan, struktur, karakter, dialog, dan keseluruhan style cerita. Kadang-kadang produser melewati proses perbaikan yang dilakukan penulis skenario, dan memasukkan skenario yang sudah dimiliki ke dalam proses script coverage; produser membawa skenario kepada investor, studio, production house lain, dan pihak-pihak terkait yang berminat untuk menilai (dan memperbaiki) skenario tersebut. Produser akan memiliki catatan-catatan menyeluruh terhadap skenario, untuk kemudian bisa diperbaiki oleh penulis skenario, script doctor, atau oleh penulis skenario lain.

Distributor film sudah bisa dihubungi pada tahap ini, agar mereka bisa menilai di pasar seperti apa film ini bisa dijual, dan menilai potensi suksesnya film ini secara finansial. Distributor-distributor Hollywood mengadopsi pendekatan bisnis yang keras dan menganggap penting faktor-faktor seperti genre film, target penonton, kesuksesan film-film yang mirip yang pernah dibuat sebelumnya, aktor-aktor yang bisa muncul di film, serta sutradara-sutradara potensial. Semua faktor ini dapat memberi gambaran sebuah film dapat memiliki sekian calon penonton. Tidak semua film meraih keuntungan dari penayangan di bioskop saja, jadi perusahaan-perusahaan film akan mempertimbangkan kemungkinan pemasukan lain lewat penjualan DVD, penayangan di televisi, serta bentuk distribusi lain.

Produser dan penulis skenario mempersiapkan proposal film, atau treatment, dan mempresentasikannya pada calon pendana. Mereka juga mempresentasikan film pada aktor dan sutradara untuk “mengikat” mereka pada proyek ini. Ada juga proyek yang sudah melibatkan sutradara sejak tahap pembuatan cerita.

Tahap pencarian dana dan dukungan ini tidak mudah. Banyak proyek yang gagal melewati tahap ini. Bila presentasi berhasil, film menerima “lampu hijau,” artinya proyek tersebut sudah dapat dukungan finansial: dari production house atau studio besar, investor independen, atau kumpulan/asosiasi/penggiat film. Setelah semua pihak bertemu dan kesepakatan disetujui, film berlanjut ke tahap pra-produksi. Sampai titik ini, sebuah film sudah seharusnya memiliki strategi pemasaran dan target penonton yang jelas.

Tahap development untuk film-film animasi berbeda sedikit, karena biasanya sutradara yang mengembangkan dan mempresentasikan cerita kepada produser eksekutif berdasarkan storyboard yang masih kasar. Untuk animasi, jarang sekali ditemukan skenario penuh pada tahap ini. Jika film animasi dapat lampu hijau untuk tahap selanjutnya, maka penulis skenario baru dilibatkan untuk mempersiapkan skenario.

Pra-Produksi
Pada tahap pra-produksi, setiap langkah konkrit dalam membuat film benar-benar didesain dan direncanakan dengan matang. Perusahaan didirikan dan kantor produksi dibangun. Konsep film dibayangkan dan diprevisualisasikan oleh sutradara, dan bisa dibuatkan storyboard dengan bantuan ilustrator dan storyboard artist. Anggaran produksi dibuat untuk memperkirakan biaya pengeluaran. Untuk produksi besar, biasanya akan memperhitungkan asuransi untuk perlindungan terhadap kecelakaan.

Di tahap ini, produser juga mempekerjakan kru. Kebutuhan cerita dan biaya akan menentukan jumlah dan jenis kru yang terlibat selama pembuatan film. Banyak sekali film terkenal hollywood yang mempekerjakan ratusan kru plus pemain, sementara film independen beranggaran rendah memiliki delapan kru saja (atau bahkan kurang).

Berikut beberapa posisi kru yang biasa hadir dalam sebuah produksi:
Storyboard artist: membuat gambar-gambar untuk membantu sutradara dan desainer produksi mengomunikasikan ide mereka kepada tim produksi.

Sutradara: tanggung jawab terbesarnya adalah penceritaan, keputusan-keputusan kreatif, dan kualitas akting yang ada dalam film.

Asisten sutradara (astrada): tugas umumnya adalah mengelola jadwal syuting dan logistik produksi, di antara banyaknya tugas yang lain. Ada berbagai macam astrada, dan masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda, sesuai pembagian tugas secara khusus.

Manajer produksi: mengelola anggaran produksi dan jadwal produksi. Manajer produksi juga bisa memberikan laporan — atas nama produser, perusahaan atau rumah produksi — kepada para eksekutif dan pemodal.

Manajer lokasi: menemukan dan mengelola lokasi-lokasi syuting. Lokasi syuting bisa di dalam sebuah studio dengan lingkungan yang bisa dikontrol, atau langsung di lokasi, misalnya pasar, gunung, atau laut.

Desainer produksi: menciptakan konsep visual film, bekerja sama dengan penata artistik.

Penata artistik: mengelola departemen artistik, yaitu membangun atau menata set.

Desainer kostum: membuat dan mengelola pakaian untuk semua karakter dalam film.

Penata rambut dan make up: bekerja sama dengan desainer kostum untuk menciptakan tampilan tertentu untuk sebuah karakter.

Casting director: menemukan aktor yang tepat untuk mengisi peran-peran dalam skenario. Untuk ini biasanya seorang casting director akan melakukan audisi.

Koreografer: membuat dan mengoordinasikan gerak dan tari — biasanya untuk film musikal. Bisa juga ditemukan kredit koreografer laga (fight choreographer) untuk film action/laga.

Director of photography (DoP/DP): adalah seseorang yang memimpin dan menjaga kualitas fotografi dari keseluruhan film, termasuk di dalamnya kualitas gambar, pencahayaan, dan gerak kamera.

Sound recordist: adalah seorang kepala departemen suara selama tahap produksi, bertanggungjawab merekam dan melakukan mixing suara di set—biasanya dialog dan efek suara direkam dalam mono, dan ambiens dalam stereo. Mereka bekerja dengan operator boom.

Sound designer: menciptakan konsep aural dalam film. Dalam beberapa produksi, seorang sound designer kadang disebut sebagai director of audiography.

Music Composer: menciptakan musik untuk film (biasanya baru dimulai pada tahap pasca produksi).

Produksi
Dalam tahap produksi, pengambilan gambar, suara, dan elemen mentah lainnya dilakukan. Kru akan lebih banyak dipekerjakan di sini, seperti property master, script continuity report/script supervisor, asisten sutradara, fotografer still, on location editor, dan sebagainya. Ini hanya sebagian peran yang biasa muncul dalam pembuatan film; sebuah rumah produksi memiliki kebebasan untuk mengombinasikan, menyatukan, atau memilah peran-peran para kru sesuai dengan kebutuhan produksi.

Bayangkan suatu hari syuting dimulai. Biasanya kita akan melihat kru tiba di set/lokasi sesuai dengan call time yang ditetapkan. Para kru di Indonesia biasa menyebutnya kolingan (callingan). Para aktor biasanya punya waktu kolingan yang berbeda. Konstruksi set, penataan set, dan penataan cahaya biasanya memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari, sehingga biasanya dilakukan jauh sebelum syuting dimulai.

Grip (tim yang bertanggung jawab dalam mengoperasikan alat pendukung kamera seperti crane, dolly, stabilizer, dan sebagainya), gaffer (chief lighting) dan tim lighting, dan kru desain produksi biasanya akan mengerjakan satu langkah di depan departemen kamera dan suara; agar efisien, mereka akan mempersiapkan scene berikutnya sementara departemen lain melakukan perekaman.

Pada saat kru mempersiapkan alat-alat, para pemeran akan dipakaikan kostum dan didandani oleh departemen kostum, tata rambut dan make-up. Para pemeran melatih script dan blocking (posisi pemain dalam kaitannya dengan posisi kamera) bersama sutradara. Tim kamera dan suara akan ikut berlatih bersama mereka sambil melakukan penyesuaian. Pada akhirnya, adegan akan direkam, kemungkinan besar berulang-ulang, sebanyak yang dibutuhkan sutradara. Pada umumnya, berikut adalah prosedur yang biasa terjadi pada saat pengambilan gambar:

Asisten sutradara akan menyerukan “set clear!” atau “stand by!” atau “picture is up!” untuk memberitahu semua orang bahwa pengambilan gambar akan dilakukan, dilanjutkan dengan “tenang semua!” atau “quiet, everyone!” Setelah semua kru siap untuk merekam, astrada akan menyerukan “sound” atau “roll sound” (jika perekaman melibatkan suara), dan sound recordist akan merekam suara sambil menyerukan “sound speed,” “sound roll,” atau “roll” saja. Clapper (orang yang memegang clap di depan kamera), akan menyebutkan nomor scene, nomor shot, dan nomor take. Astrada lanjut memanggil “kamera” dan dijawab “speed!” oleh operator kamera persis setelah kamera mulai merekam. Kamera operator juga bisa mengganti jawaban itu dengan perintah “mark it!” kepada clapper. Clapper segera menutup clap dan mencari posisi aman agar tidak terekam. Jika adegan melibatkan figuran/extras dan akting pada background, astrada akan memberi kode pada mereka “background action!” Terakhir adalah sutradara (atau kadang-kadang astrada, jika dibutuhkan) yang memerintahkan “action!” kepada pemeran utama.

Sebuah take akan selesai ketika sutradara menyerukan “cut!” dan kamera serta suara akan berhenti merekam. Seorang script continuity report/script supervisor akan mencatat segala hal yang bersangkutan dengan kesinambungan adegan, sementara tim suara dan kamera akan membuat catatan teknis tentang take tersebut di lembaran laporan masing-masing. Jika sutradara memutuskan melakukan take lagi, maka seluruh proses akan diulang. Setelah puas, kru akan bergeser ke posisi atau “setup” kamera berikutnya dan merekam lagi, terus saja sampai scene tersebut tercakup semua. Setelah syuting scene tersebut selesai, astrada akan menyerukan “bungkus” atau “wrap” atau “moving on” atau “next scene.” Setiap kru yang bersangkutan akan membereskan scene tersebut dan pindah ke scene berikutnya, atau selesai.

Pada akhirnya, sutradara akan mengesahkan jadwal syuting hari berikutnya, dan laporan progres harian (daily progress report) akan dikirim ke rumah produksi. Di dalam laporan ini termasuk juga laporan continuity, suara, dan tim kamera. Setiap kru dan pemain akan menerima call sheet yang akan memberitahukan mereka kapan dan di mana mereka harus berada pada esok harinya. Setelah itu, sutradara, produser, kepala departemen, dan kadang-kadang pemain, bisa berkumpul bersama dan menyaksikan footage (bahan rekam, disebut juga dailies) yang diambil pada hari itu, dan mengulas hasil kerja mereka.

Jam kerja dalam satu hari syuting berkisar antara 14 sampai 18 jam, berbarengan terus dalam satu lokasi. Bentuk kerja seperti ini biasanya membangun semangat dan solidaritas setiap orang yang terlibat di dalamnya. Maka ketika syuting selesai, biasanya rumah produksi akan mengadakan wrap party, untuk berterimakasih pada kru dan pemain atas usaha mereka.

Untuk produksi live-action (adegan nyata, bukan adegan berbasis CGI), salah satu tantangannya adalah menyelaraskan jadwal kerja dari pemain utama dan para kru, karena pada setiap scene yang akan direkam, mereka dituntut hadir di waktu dan tempat yang sama. Film animasi memiliki alur kerja yang berbeda; para pengisi suara bisa merekam suara mereka di studio rekam pada waktu yang berbeda dan baru bertemu satu sama lain pada saat penayangan perdana; pembuat gerak rambut dan pembuat tekstur kulit pada suatu karakter bisa tidak bertemu sama sekali.

Pasca-produksi
Pada tahap ini, materi mentah syuting “dimasak” kembali oleh editor. Bayangkan sebuah dapur dan seorang koki, bahan masakan terbaik sudah dipetik, tinggal diracik hingga matang. Editor memilah shot dan membangun lagi adegan-adegan. Tidak menutup kemungkinan bahwa struktur penceritaan yang ada di skenario bisa berubah total setelah masuk ruang editing. Adegan di menit 60 bisa saja dipindahkan ke awal film, dan adegan ending bisa diletakkan di tengah-tengah, dan sangat memungkinkan menjadikan film itu memiliki struktur yang lebih baik.

Desain suara juga dilakukan di tahap ini. Dialog-dialog diedit dan dikembangkan kualitasnya; musik dan lagu dibuat dan diaransemen (jika film tersebut memiliki konsep memakai music score); efek suara didesain dan direkam, termasuk di dalamnya penambahan suara langkah, suara pintu, suara ledakan, suara napas, dan lain sebagainya. Penambahan suara ini bisa dibuat kembali di dalam studio, dikenal dengan istilah foley, atau bisa membeli atau memanfaatkan suara yang sudah ada di sound library.

Lalu visual efek berbasis komputer grafik juga dilakukan di tahap ini, seperti menambahkan efek darah, pecahan kaca pada mobil, menggeser posisi bulan, menambah awan dan pepohonan pada sebuah scene pemandangan, memperbanyak jumlah manusia pada stadion, dan lain sebagainya. Setelah semua gambar lengkap, film akan diwarnai kembali oleh colorist sesuai dengan look yang diharapkan. Warna antar shot diselaraskan (karena biasanya shot satu dan shot lain memiliki komposisi warna yang beda, atau sering disebut belang). Biasanya film-film horor akan memanfaatkan warna-warna dingin, sementara film drama romantis akan menggunakan warna-warna hangat.

Akhirnya, ketika semua elemen visual selesai dimasak, dan semua elemen suara selesai dibuat, maka semuanya akan disatukan, dan film selesai dibuat.

Distribusi
Distribusi adalah tahap akhir. Di industri film di luar ada peran distributor yang bekerja mendistribusikan film. Di Indonesia, biasanya produser sendiri yang melakukan distribusi. Film yang sudah dibuat dirilis ke bioskop, ke festival, atau bisa juga langsung ke konsumen melalui media DVD, VCD, Blu-ray, atau unduh langsung dari provider media digital. Film akan diduplikasi sesuai kebutuhan (ke pita film atau ke hard drive) dan didistribusikan ke bioskop untuk ditayangkan. Produser atau distributor akan mempublikasikan poster, flyer, press kit, trailer film, dan materi pemasaran lainnya untuk mempromosikan film. Tidak menutup kemungkinan bagi produser atau distributor untuk merilis materi mentah film kepada kalangan tertutup (pers dan wartawan) ditambah rekaman dokumentasi di balik layar, untuk memperkuat promosi.

Distributor film biasanya merilis film dengan mengadakan launch party, premiere beserta red-carpet, press release, wawancara dengan wartawan, preview bersama pers, dan penayangan pada festival film. Banyak film yang berpromosi menggunakan website tersendiri, terpisah dari website milik production house atau milik distributor. Untuk film-film skala besar, pemain dan kru penting biasanya dikontrak untuk berpartisipasi mempromosikan film melalui tur. Mereka diminta hadir ke festival dan penayangan perdana, diwawancarai oleh televisi, radio, jurnalis cetak dan online. Film tertentu mungkin saja melakukan tur lebih dari satu kali, untuk memunculkan kembali permintaan pasar terhadap film tersebut selama jangka waktu tayang berlangsung.

Urutan penayangan biasanya memiliki pola tertentu. Awalnya sebuah film akan ditayangkan di bioskop-bioskop terpilih, atau apabila gaungnya sudah terdengar luas, bisa langsung ditayangkan secara luas dan bersamaan di seluruh bioskop. Beberapa minggu atau beberapa bulan setelah penayangan, film biasanya dirilis ke segmen pasar yang berbeda melalui rental film, retail (DVD, Blu-ray), pay-per-view, in-flight entertainment, televisi kabel, satelit, atau televisi lokal dan nasional (free-to-air). Hak distribusi juga bisa diperjualbelikan dengan distributor luar negeri untuk mencakup pasar internasional. Distributor dan rumah produksi akan berbagi keuntungan.


Sumber: Buku Menulis Cerita Film Pendek: Sebuah Modul Workshop Penulisan Skenario Tingkat Dasar. Pusat Pengembangan Perfilman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Tim Penyusun: Perdana Kartawiyudha (koordinator); Baskoro Adi Wuryanto; Damas Cendekia; Melody Muchransyah; Rahabi Mandra.